Sabtu, 14 April 2018

PENDAFTARAN STIA LAN BANDUNG. TIPS TEST STIA LAN BANDUNG






link youtube beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan di DM instagram. kalau ada yang kurang jelas bisa DM aja ntar aku bikin youtube video lagi :)
https://youtu.be/CAd-sAUStKM


dan fyi aku udah pindah ke kampus yang di jakarta, yang mana jauh lebih luas dan keren fasilitasnya! yuk cek blog tentang stia lan jakarta. 
Hallo semua!
Udah lama nih aku gak nulis blog lagi. Bahkan aku sekarang udah kuliah sekarang hehehe

Kenalin dulu nama saya kurnia indah sari, aku asal tangerang, sekarang aku tinggal di bandung. Hehe kenapa aku pilih kuliah di Bandung?? Pertama, ya karena pengen suasana baru, pengen ngerasain ngekos hehehe. Awalnya sebelum ke luar kota ngerasa bisa bebas, tapi sekarang sering home sick. awalnya aku emang ga dibolehin kuliah di luar kota karena aku anak terakhir. disaat aku udah bisa yakinin orang tua aku aku pun test sama kakak ku taufan slow (instagram : @taufanslow)Tapi lama-lama aku enjoy semua apa yang terjadi di kehidupan kampus maupun kehidupan ngekos aku. 
kedua, karena aku pengen kuliah nya negeri, tapi gak mau yang lama lulusnya. karena kuliah lama belom tentu materi nyangkut semua, jadi lebih baik yang nggak terlalu lama tapi yang pasti dapet ijazah dan ilmu pengetahuan dan pengalamannya banyak. 
ketiga, pengen yang murah juga. sebenernya kalo masalah negeri aku bisa aja mandiri di universitas negeri, cuma aku fikir. jalan mandiri sama aja kaya aku masuk swasta, cuma beda gengsi nya aja (itu pemikiran aku sih hehe). 

Ya aku sih tujuan bikin blog ini mau ngenalin kampus aku. Nama nya STIA LAN BANDUNG. Kepanjangannya Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi- Lembaga Administrasi Negara.
STIA LAN itu merupakan kampus NEGERI, sudah terakreditasi dan PERGURUAN TINGGI KEDINASAN tapi bukan ikatan dinas yaaa.
Apa sih PTK itu? perguruan tinggi kedinasan itu gak langsung bekerja
LAN ada di 3 tempat: di bandung,jakarta,makassar. Tapi untuk saat ini yang buka untuk umum / lulusan SMA(dan tidak sedang bekerja) cuma DI BANDUNG!! hehe makanya aku ambil LAN yang bandung bukan yang di jakarta. Kebayang dong orang tangerang pindah ke bandung ngerasa ini kota dingin sejuk dan beda lah sama daerah jakarta tangerang sana.

dan biaya semesteran nya juga murah dibandung, angkatan ku biaya spp nya 2 juta rupiah, sudah semuanya termasuk uts dan uas.
kalo ngga bawa minum dari rumah, di STIA di sediain air galon, jadi bawa tupperware dari kosan. juga disediain teh dan kopi, sok aja kalo mau nyeduh gratis. dan yang paling penting ada WIFI, masuknya harus dengan NPM kamu dan tanggal lahir kamu kalo udah jadi mahasiswa disini.

lokasi LAN di Bandung juga strategis banget kok, tepat dibelakang gedung sate. deket sama tempat-tempat makan ke arah jalan R.E martadinata/jalan Riau. banyak makanan. ke kfc, richeese pun tinggal jalan aja. kalo mau cari spot foto sekitaran situ banyak di taman LANsia, terus wisata museum gedung sate. jadi lumayan buat spot foto. deket lapangan GASIBU juga. bisalah abis ngampus, jogging hehehe. kaya aku kan anak kos yang kosnya disebrang gasibu, otomatis aku tiap hari masuk gedung sate (kantor gubernur jawa barat). dan juga lewat gasibu.



dan saat musyawah mahasiswa dapet makan nasi box dan snack secara gratis, cuma dateng aja kok sekalian pemilihan ketua senat.
oh iya aku anggota senat mahasiswa/SEMA. apa sih SEMA? kalo di sekolah semacam osis gitu,HEHE SEDIKIT PROMOSI. kebetulan aku seksi DIKLATMA jadi nanti kalo musma dan OPT (orientasi perguruan tinggi) ketemu aku pastinya, karena aku pasti bagian dari panitia OPT. karena OPT merupakan program dari seksi DIKLATMA. ospek di LAN bener-bener asik kok contoh nya kaya waktu aku OPT dulu nih.





Image result for stia lan bandung
ini foto setelah joget-joget hari kedua OPT


OPT tahun 2017 itu gabungan sebagian kelas karyawan, dan seluruh kelas reguler.
setiap tahun diadakan OPT, dan sertifikat OPT merupakan syarat kelulusan dari perkuliahan di LAN. namun jika tahun masuk anda berhalangan untuk mengikuti orientasi, bisa tahun depannya lagi. pokoknya harus ikut sampe nantinya lulus, karen sangat dibutuhkan sertifikatnya. lagipula OPT asik banget kok, katanya sih dulu kejam , tapi sekarang udah engga. bahkan penutupan OPT 2017 ada joget-joget, siram tepung pas team building dan ada holy color gitu untuk merayakan penutupan, jadi jangan takut buat orientasi di kampus ini. untuk yang aku rasakan waktu ngejalalanin OPT itu waktu mau selesai kaya sedih gitu, rasanya gak mau selesai karena asik banget. dan jadi banyak temen kelas karyawan.

Oh iya, ngomong-ngomong jurusan aku namanya APN kepanjangan Administrasi Pembangunan Negara. waktu aku test ada dua pilihan aku pilih msdm dan apn. Pilihan pertama aku apn. Angkatan aku juga merupakan angkatan pertama reguler di LAN, katanya dulu ada tapi sekarang gaada lagi. Dan kakak tingkat aku otomatis PNS kebanyakan, dulu di LAN yang boleh kuliah cuma Pegawai Negri/ PNS. Tapi sekarang udah buka buat kelas karyawan yang kerja di BUMN dan honorer. Sekarang macam jurusan di LAN bandung ada 3 untuk reguler = 
APN (administrasi pembangunan negara)
ABSP = (administrasi bisnis sektor publik)
MSDMA = (manajemen sumber daya manusia aparatur)
Bedanya apn sama absp, kalo absp belajarnya lebih untuk bisnis publik atau lebih ke urusan niaga. Kalo apn lebih untuk urusan negara, dan ditujukan kerja di pemerintahan.
Msdma itu untuk lebih ke organisasinya gitu, atau lebih ke orang yang mengatur aparatur dan tentunya harus bisa mengatur diri sendiri.

Sedikit info! Manajemen itu ada di dalam Administrasi, berarti lebih luas apn dan absp.
Jadi jangan sampe salah kaprah yaa dalam menentukan pilihan jurusan.

Oh iya bagi yang tertarik di APN aku punya info, APN itu nanti dibagi lagi jadi 3 peminatan yaitu:
1. Kebijakan pembangunan
2. Analisis kebijakan
3. kearsipan

Untuk peminatan sedikit bocoran kata dosen PA ku Dinoroy M Aritonang. Peminatan kebijakan pembangunan akreditas dimiliki BAPPENAS/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Jadi kalo yang mau kerja di bappenas ya ambil peminatan itulah.
Terus kata pak dino untuk peminatan Analisis Kebijakan itu akreditasi nya BERAWAL DARI LAN!!
untuk peminatan kearsipan yang punya akreditasi nya kearsipan itu ANRI = Arsip Nasional Republik Indonesia.
Nah itu kalo pengen kerja-kerja ditempat kaya gitu ambil APN yaaa hehehe.
Ohiya ada bocoran lagi nih dari proffesor di kampus LAN.
Untuk peminatan KEARSIPAN , bakal bisa ditarik lulusan dari LAN untuk kerja. eitsss.. jangan kira kearsipan itu membosankan dan kaya orang-orang yang harus kerja di perpustakaan. Nggak kaya gitu ternyata!!! Proffesor/guru besar kampus LAN mau UBAH MINDSET orang-orang yang bilang kearsipan kaya gitu! Karena CUMA di LAN yang bakal di ajarin kearsipan yang sesungguhnya. Nanti di peminatan kearsipan bakal diajarin PENCIPTAAN DAN PENERIMAAN INFORMASI (nah kalo ini nanti liat pas udah masuk kelasnya yaa karena peminatan nanti dipecah lagi dari kelas APN)
Bukan cuma nyusun dan pemeliharan arsip aja. Tapi juga yang pasti menerima dan menjaga wasiat negara.

ANGKATAN 2017 REGULER. (APN DAN ABSP)


Oh iya yang mau test! aku mau sedikit bocorin tips test di LAN.
Pertama : pastinya berdoa
Kedua : kalo testnya pagi, usahain sarapan dulu. Kalo aku karena ga biasa sarapan terlalu pagi, jadi waktu test aku kelabakan nyari makan waktu jam istirahat test nya.
Ketiga : banyakin pelajaran TPA nya. Untuk soal nya menyesuaikan di kartu ujian. bahasa inggris dan bahasa indonesia nya standar cuma berhubungan dengan PNS yaa soal bahasa inggris&bahasa indonesianya. Terus ada pkn, itu pengetahuan seperti uud, pancasila. Tapi for your information yaa waktu aku test di kartu ujian ada matematika, taunya gaada hehehe!!

Intinya tips nya buat ngerjain soalnya : pelajarin soal yang pns. Dan kalo kamu lulusan ips beruntung lah banyak soal ips keluar. Berhubung aku ipa jadi aku cuma inget-inget setau aku aja
INI SEDIKIT BOCORAN SOAL TEST STIA LAN nya yaaa
Contoh soalnya gini : apa saja yang termasuk pegawai negeri?
Jawabannya : pns,tni,polri.
Contoh lagi : apakah pns boleh mengikuti politik?
Jawabannya : tidak boleh. Pns harus netral.
waktu pertama kali aku test aku kaget karena gedungnya yang terlihat biasa aja dari luar tapi dalemnya rapih dan toilet nya juga bersih, dan yang paling asik lagi lift nya yang bisa buat ootd

kalo mau liat web stialan buka web :
http://stialanbandung.ac.id/webstia/ atau
kalo udah fix mau daftar di http://stialanbandung.ac.id/webstia/index.php?r=pendaftaran/login

gaada salahnya kan nyoba-nyoba daftar, apalagi yang masih bingung mau kuliah dimana. kan lumayan NEGERI,kedinasan,murah,juga aman kampusnya. dan kakak tingkatnya otomatis banyak PNS juga pejabat. seru deh punya banyak kakak tingkat yang kerja di pemerintahan dan jabatan mereka pun bukan yang ecek-ecek. dan kakak tingkat kelas karyawan di bagi 2 macam : tugas belajar dan izin belajar. kalo tugas belajar itu orang-orang yang ditugasin belajar dar kantornya (tidak sambil kerja), biasanya yang tugas belajar berasal dari luar kota yang jauh-jauh seperti dari sumatra,sulawesi,kalimantan. dan biasanya yang tugas belajar itu udah PNS, dan mereka kuliah pun tetap di gaji dongg.

untuk izin belajar kebanyakan dari dalam kota (kecuali izin belajar S2 banyak dari luar kota), karena kalo izin belajar sambil bekerja juga. kuliah sambil kerja.

 kalo ada pertanyaan menyangkut jurusan, dan keadaan kampus LAN. juga yang udah keterima test tahun 2018 mau masuk senat/sema bisa juga tanya-tanya ke aku
DM instagram aku aja.
Instagram : @kurniaindahs atau https://www.instagram.com/kurniaindahs/
Jangan lupa di follow juga yaaa hehe

ini spot-spot santai 






                                                              RUANG KELAS 










                                                        LUAR LOBBY MALAM HARI
  gausah takut kalo nugas sampe malem karena selalu rame, karena malem jadwal kelas karyawan



mushola ulul al-baab


                                                                    kaos APN 2017


toilet di setiap lantai di STIA LAN BANDUNG ada kaca OOTD. btw in foto hari pertama ngampus di LAN

ini ruang BAND/ ruang musik.
 ini ruang musik boleh dipake siapa aja, beruntung yang bisa mainin alat band, karena bisa disalurkan disini.


spot foto yang ada di pojokan aula STIA LAN BANDUNG


                                                          RESEPSIONIS KAMPUS



keadaan lift di STIA LAN BANDUNG


TANGGA

keseruan anak APN dapet tumpeng dari kampus.


MOTO STIA LAN


contoh tugas di LAN yang mengasyikkan, yaitu kita ke tempat pemerintah misalnya waktu aku ke DRPD JAWA BARAT


dan tugas ke SEKDA di kantor gubernur provinsi JAWA BARAT

oh iya ada bocoran lagi. katanya tahun selanjutnya bakal ada seragam be like ipdn. untuk saat ini yang ada hari baju samaan itu cuma khusus anak reguler yaitu senin make batik bebas, rabu make putih atasannya bawahnya gelap. untuk hari selasa dan kamis bebas sopan. nanti kedepannya isu nya bakal ada seragam. design nya udah ada dari angkatan ku. 





fasilitas yang ada di kampus LAN 

  • Ruang kuliah/pembelajaran dari ketiga lokasi kampus yang dapat menampung 840 mahasiswa setiap sesi pembelanjaran.
  • Ruang tunggu {Lobby) yang representatif.
  • Ruang Sekretariat/Pelayanan STIA LAN Bandung, pusat pelayanan kepada mahasiswa dan dosen.
  • Ruang Rapat / Sidang, bagi kegiatan internal dan pengujian calon sarjana/magister.
  • Ruang Auditorium yang representatif dengan fasilitas sound system daa pengatur suhu, mampu menampung hingga 600 orang.
  • Laboratorium Komputer, lengkap dengan fasilitas jaringan internet untuk menunjang pembelajaran.
  • Laboratorium Bahasa, dengan layanan gratis bagi mahasiswa dalam memompa kemampuan berbahasa hingga tingkat intermediate, serta menyelenggarakan test TOEFL maupun IELTS dan kelas conversation hingga level advance.
  • Laboratorium Perkantoran Modern/ Administrasi, menyediakan miniatur implementasi tataguna dan tuntutan standar perkantoran modern.
  • Perpustakaan dengan jumlah referensi lebih dari 5.500 judul buku.
  • Pojok Baca, dilengkapi dengan Free Wi Fi bagi seluruh civitas academica.
  • Ruang Senat Mahasiswa, sebagai sarana berorganisasi dan mengekspresikan bakat dan minat mahasiswa.
  • Ruang istirahat dan penunjang mahasiswa : Kantin, Koperasi dan Poliklinik.
  • Mushola yang cukup representatif, mampu menampung 150 jemaah.
  • Ruang/Halaman Parkir
  • Peralatan Band untuk pengembangan minat dan bakat bagi seluruh civitas academica dalam bidang kesenian.
  • Badminton court, sebagai sarana olahraga bagi seluruh civitas academica.
  • Sistem Informasi Akademik Mandiri (SIAKADI) Berbasis Web dimana dengan fasilitas ini, mahasiswa dapat mengakses berbagai informasi akademik yang berkaitan dengan mahasiswa yang bersangkutan.
  • Website STIA LAN Bandung, Melalui website ini, masyarakat dapat mengakses secara langsung dan mendapatkan informasi secara utuh mengenai STIA LAN Bandung, website ini dapat dikunjungi melalui alamat sebagai berikut : stialanbandung.ac.id
  • Sedangkan bagi masyarakat yang ingin melakukan interaksi melalui chat online, dapat memanfaatkan fasilitas online support kami (pada jam kerja) melalui laman stialanbandung.ac.id serta dapat memanfaatkan fasilitas layanan chat online kami.
 kalo ada pertanyaan menyangkut jurusan, dan keadaan kampus LAN. juga yang udah keterima test tahun 2018 mau masuk senat/sema bisa juga tanya-tanya ke aku
DM instagram aku aja.
Instagram : @kurniaindahs atau https://www.instagram.com/kurniaindahs/

Jangan lupa di follow juga yaaa hehe
DAN KALO MAU BROSUR TERBARU DAN MAU NANYA-NANYA, DM AJA YAA!


link youtube beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan di DM instagram. kalau ada yang kurang jelas bisa DM aja ntar aku bikin youtube video lagi :)
https://youtu.be/CAd-sAUStKM




47 komentar:

  1. Ka pengen sharing dong ada gmail gk? Soalnya saya gk punya IG.makasih

    BalasHapus
  2. Seriusan ka 2018 bakalan ada seragam be like ipdn, aku kebetulan baru lolos gelombang 2 2018. Ka aku pengen sharing aku dm ya 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh sharing dongkaa ke aku

      Hapus
    2. Kak. Bisa bagi ig nya, saya mau sharing nihh ��

      Hapus
  3. Hi. Thanks for sharing.. Btw, punya kenalan kelas karyawan ga?

    BalasHapus
  4. gak ada tes fisik nya gan ? kalau ada apa saja ?

    BalasHapus
  5. lulusan stia-lan langsung ditempatin kerja ka?

    BalasHapus
  6. Maaf kak mau tanya, STIA-LAN bukan ikatan dinas ya.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bantu jawab, kalo engga salah STIA LAN itu masuk ikatan dinas

      Hapus
    2. tapi kalau lulus belum tentu pns tidak seperti stan yg langsung jadi pns

      Hapus
  7. kak test nya ada berapa tahap ya kakel

    BalasHapus
  8. Ka mau nanya info pendaftaran gimana ya?aku boleh hub kaka?

    BalasHapus
  9. Lulusannya disalurkan utk bekerja dmna aja??

    BalasHapus
  10. hai ka aku baru rencana daftar taun ini tapi aku dari smk dan jurusan aku beda jauh sama jurusan di stian,aku bingung banget buat maslah tesnya mohon bimbingannya ka

    BalasHapus
  11. kak, tolong baca DM aku dong. namanya @anisanurdin01 aku mau tanya banyak banget ke kakak tentang STIA LAN ini kak:)

    BalasHapus
  12. Kalo daftar kelas karyawan masi bisa ga

    BalasHapus
  13. Kakak aku pelajar dari lampung kalau aku daftar lewat jalur online apakah tesnya juga online kak?

    BalasHapus
  14. kak tolong baca dm aku ya @almaprahestii_

    BalasHapus
  15. Masih bisa daftar buat kelas karyawan ka?

    BalasHapus
  16. Terima kasih informasinya....sangat bermanfaat bagi kami

    BalasHapus
  17. Lokasikampus strategis dan nyaman dosen berpengalaman itulah STIA LAN BANDUNG

    BalasHapus
  18. Kak smk multimedia bisa mendaftar tidak kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai boleh minta ignya ga, aku juga mau daftar taun ini

      Hapus
  19. Kak tes buat yg reguler katanya bulan depan ya kak?

    BalasHapus
  20. kak saya mau sharing kak minta ignya dong kak please,saya butuh bgt sharing ke kakak, saya ank bekasi

    BalasHapus
  21. STIA-LAN bukan ikatan dinas dan bedakan STIA-LAN dengan STAN. Untuk penilaian tahun 2019 menggunakan sistem plus minus, jadi jika ragu ragu kosongkan saja . Good luck

    BalasHapus
  22. Kak kalo STIA LAN Bandung dibuka buat umum? Yang lulusan SMK bisa?

    BalasHapus
  23. ka tolong baca dm dari @rraliyah dong hehe, mo tanya tanya nih

    BalasHapus
  24. Terima kasih kakak baik sekali,saya yakin banyak yg tau tentang stia lan,bahkan mungkin ada yg lebih tau,tapi mereka tidak atau belum mau membuat blog sepeeri ini,ini sangat membantu sekali bagi kami yg berada di luar bandung yg ingin sekolah disini,dan kakak adalah salah satu aspek untuk meyakinkan ortu,bahwa pilihan kami tepat,terimakasih semangat selalu menulis dan membagikan cerita ya kak,salam,jambi.

    BalasHapus
  25. Kak, boleh dm ig gak ? Klo gk tweet ?
    Mau nanya tentang stian lebih jauh lgi

    BalasHapus
  26. Kak, tesnya langsung dibandung atau ada dikota² tertentu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. stia lan ada 3 : bandung, jakarta, dan makassar.
      sesuai domisili saja

      Hapus
  27. Kak kuota pertahunnya brp ya?
    Kalau tahun kemarin yang tidak diterima berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda-beda. bisa langsung tanya admin kampus nya kalo begitu

      Hapus